Design minimalis memang simple & sederhana, tetapi pembuatan web atau blog minimalis itu rumit & sangat menguras ide dan kreatifitas.
Saya suka Minimalis itu karenan designya simple tidak terlalu banyak warna dan mudah navigasinya. Coba banyangkan kalau web atau blog kita banyak link banyak elemen ramai banget kayak pasar ini yang terkadang bisa membuat bingung user. Karena tidak semua user tau tetang dunia internet atau akrab dengan dunia internet dan ini juga bisa menggangu kenyamanan. Maka dari itu blog yang saya kelola kebanyakan tema yang saya ambil adalah minimalis simple dan sederhana.


Mengapa membuat web atau blog minimalis saya bilang rumit dah butuh ide-ide yang wahh..!!! :D padahal kan simple!?! membuat web/blog minimalis itu perlu mikirin perpaduan warna yang tepat, memilih font, mengatur posisi elemen dan lainnya. Ini seperti juga membuat unik post, membuat blogazine juga hampir sama. Web/blog minimalis harus memiliki warna, tekstur, background dan elemen yang sederhana dengan tambahan satu atau dua objek besar sebagai titik fokus. Sehingga saat diakses, mata user akan cenderung mengarah pada satu atau dua titik itu saja.

Beberapa tips elemen yang dalam pembuatan web/blog minimalis:

  • Gunakan kombinasi warna putih - abu-abu - hitam untuk object yang tidak ingin ditonjolkan. Abu-abu bisa dipecah dalam banyak warna lagi, dari abu-abu muda hingga abu-abu tua. Kombinasi warna ini akan memunculkan kesan minimalis dan netral karena pergerakan warna putih abu-abu hitam sebenarnya bukanlah warna, dia hanya bermakna 'gelap dan terang'. (itulah kenapa foto dan TV hitam-putih sering disebut TV dan foto 'tidak berwarna')
  • Gunakan satu atau dua warna kuat pada objek-objek yang ingin ditonjolkan dan ingin dijadikan fokus. Warna-warna kuat ini bisa biru tua, hitam, merah hati, maupun hijau army.
  • Gunakan font yang unik pada beberapa elemen yang ingin ditonjolkan.
  • Libatkan flash atau javascript agar elemen-elemen tertentu bisa bergerak. Hal ini penting agar website tidak terkesan 'mati'.
  • Gunakan susunan layout atau gambar yang berbeda-beda pada setiap halaman website. Memang agak susah, tetapi hal tersebut dapat membuat web minimalis tidak terlihat membosankan.
Sumber tips : www.gravisware.com

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 campur CSS / Template by : Urangkurai